Minggu, 11 November 2012

CARA MERAWAT TERUMPET

Perawatan Terompet









Cara perawatan trumpet
Sebaiknya, trumpet dibersihkan secara berkala setiap beberapa bulan. Bahan kimia, garam dan enzim dari nafas dan air liur lambat laun akan bertambah di dalam alat, yang efeknya akan mengurangi kualitas bunyi dan mengganggu aliran udara lewat alat.

Untuk membersihkan trumpet, langkah-lngkah yang sebaiknya dilakukan adalah :
- alirkan air suam-suam kuku (tidak panas, ini bisa merusakkan cat penutup pernis trumpet), air tersebut dimasukkan kedalam trumpet dengan sedikit campuran sabun tangan di air tadi.


- bongkar trumpet dengan hati-hati,
keluarkan semua klep dan slide, dan dengan lembut seka minyak atau oli dengan sehelai kain mulus yang halus. Tempatkan sehelai handuk dan letakkan trumpet untuk berendam selama sesekitar setengah jam. Masing-masing klep sebaiknya dinomori. (pada trumpet tertentu, setiap valve telah diberi nomor dari pabriknya)
- jika ada, gunakan alat pembersih khusus untuk alat tiup (sikat membersihkan yang dibuat dari pipa potong fleksibel dengan sikat di masing-masing ujungnya), masukkan alat tersebut pada lubang alat utama (yang paling besar) sampai jarak terakhir yang bisa dicapai. gosok dan lakukan didalam air tadi.
- Berikutnya, gunakan sehelai kain untuk membersihkan lubang di klep dan tempat klep. bersihkan dengan menggunakan air dan diamkan/diangin-anginkan. valve/klep ini harus benar-benar kering, karena, oli/minyak tidak bergabung dengan air dan klep/slide membutuhkan minyak.
- setelah alat sudah kering, oleskan minyak klep ke masing-masing klep, dan juga ke pembungkus klep, begitu juga pada slide. Jangan lupa untuk membersihkan kelebihan minyak di klep dan slide.
- terakhir, alirkan air ke mouthpiece dan gunakan sikat untuk membersihkannya.

hal-hal penting untuk diingat:
- Jangan pakai pembersih kasar yang mungkin merusak trumpet
- Jangan pakai air panas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar