Fish

Minggu, 27 November 2011

BELAJAR TROMPET YUK>>>

NADA DASAR  DULU
Oleh :Ade NUgraha
Solmisasi Dasar
Belajar Trompet
Belajar Trompet- Terima kasih atas kunjungan anda, Ini merupakan pelajaran dasar pengetahuan tentang belajar trompet.  Trompet adalah sebuah alat musik yang cara membunyikannya menggunakan teknik meniup. Untuk belajar trompet, dalam halaman ini saya memperlihatkan gambar di sebelah kiri anda yang merupakan dasar nada trompet untuk 1 oktaf mulai dari do sampai do lagi dan anda bisa mencobanya ke oktaf yang lebih tinggi lagi dengan cara yang sama diatas.
Belajar Trompet merupakan pada dasarnya bisa dipelajari oleh semua orang. Kuncinya adalah meniup, meniup dan meniup… tapi bukan berarti hanya meniup-niup trompet….dan yang ditiup adalah pangkalnya yang kecil bukan di ujung yang lebar itu…. hehehe…
Cobalah meniup trompet sampai keluar bunyinya.
Memang awalnya agak sulit untuk belajar trompet, tetapi jangan khawatir…. para ahli trompet juga pada awalnya sama seperti anda yang baru belajar, yang jelas dimana ada kemauan, disitu pasti ada jalan…
Semakin sering kita belajar trompet dengan cara meniup trompet, maka semakin bertambah kemampuan dan teknik kita meniup trompet.
kalo anda telah memiliki sebuah trompet, cobalah dasar-dasar yang saya tampilkan di gambar belajar trompet. Tapi bagi para ahli mohon maaf ya… saya tidak bermaksud menggurui, karena blog ini saya tujukan untuk sekedar berbagi pengetahuan saja.
Coba perhatikan gambar diatas tentang belajar trompet, melihat tiga tombol tersebut, berarti kita harus bisa memanfaatkan tiga jari yang berfungsi untuk menekan tombol tersebut. jari-jari tersebut adalah jari telunjuk, jari tengah dan jari manis. sedangkan jari dan tangan yang lainnya berfungsi sebagai penopang atau penguat pegangan pada trompet tersebut.

 SEKARANG  NADA MAYOR AND MINOR YA
Oleh Ade Nugraha
Solmisasi Trompet 1 oktaf lengkapBelajar Trompet -Disamping ini adalah nada lengkap untuk satu oktaf termasuk nada krois (#) silahkan dipahami saja gambar ini, dan saya hanya mencantumkan not angka saja, dimana untuk angka 1 adalah do, 2 adalah re dan seterusnya. Apabila belum paham tentang nada-nada tersebut, mungkin bisa ditanyakan pada teman-teman atau keluarga anda yang mengerti tentang not angka ini.
Dalam pelaksaaan upacara, ada beberapa sesi acara yang memerlukan tanda-tanda dari korsik. Antara lain Pembina Upacara memasuki lapangan upacara, penghormatan pada pembina upacara, dan laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara.
Dalam blog ini saya hanya akan berbagi untuk Tata Upacara Sipil saja, sehingga saya mengambil istilah pembina upacara dan pemimpin upacara. Kalo untuk upacara militer, istilahnya inspektur upacara dan komandan upacara.
Oleh : Iskandar Moerad
Belajar trompet – Pada langkah ke II ini kita akan mencoba oktaf solmisasi dasar yang lebih tinggi. Kalo kita sudah menguasai solmisasi dasar seperti pada Langkah I belajar trompet maka untuk oktaf yang lebih tinggi tombol yang ditekan mungkin teknisnya sedikit berbeda, namun apabila anda menggunakan dengan cara pada somisasi dasar maka bunyi atau nada yang akan keluar sama saja.
Oktaf adalah deretan nada mulai dari nada do sampai nada si. Untuk oktaf yang tinggi coba kita perhatikan gambar belajar trompet di bawah ini:

OK !  NADA TINGGINYA



ini menunjukkan bahwa untuk oktaf yang lebih tinggi, kita lebih mudah dalam bermain tombol untuk menyanyikan sebuah lagu. belajar trompet pada nada untuk oktaf yang lebih tinggi di tandai dengan kode angka dengan tanda titik diatasnya.
Sebelum dilanjut saya hanya mengingatkan bahwa untuk tombol trompet ada kode angkanya yaitu :  Tombol nomor 1 adalah tombol yang berada disebelah kanan anda atau Mostok (tempat kita meniup),  Tombol nomor 2 adalah yang ditengah dan Tombol nomor 3 adalah yang disebelah kiri anda. Bagi yang sudah memiliki bisa melihat kode tersebut di trompet.
Untuk belajar trompet, anda harus bisa mengenali perbedaan cara menekan tombol pada oktaf pertama dengan oktaf kedua (oktaf yang lebih tinggi). Contohnya pada nada re (2) , kalau pada oktaf pertama, untuk nada re tombol yang di tekan ada dua tombol yang nomor 1 dan nomor 3, sedangkan pada oktaf kedua nada re yang ditekan hanya tombol nomor 1 saja. Namun kita juga tetap bisa menghasilkan suara yang sama dengan cara menekan tombol pada oktaf pertama
Untuk nada mi pada oktaf pertama tombol yang ditekan adalah tombol 1 dan 2, sedangkan pada oktaf yang lebih tinggi kita tidak perlu menekan tombol apa-apa, hanya tinggal pengaturan tiupan saja, dan apabila kita menggunakan cara menekan tombol seperti pada oktaf pertama maka nada yang dihasilkan untuk oktaf yang lebih tinggi tetap sama bunyinya dengan nada mi yang tidak menekan tombol.  Untuk  belajar trompet, kita harus mencoba kedua teknik tersebut. Untuk satu oktaf penuh, dengan nada krois (#) dapat silahkan klik disini
Belajar trompet memang memerlukan sedikit kerja keras, namun pada akhirnya Insya Allah semuanya akan lancar-lancar saja, oleh sebab itu silahkan anda coba sendiri belajar trompet untuk sekedar tahu saja atau untuk keahlian yang mengarah ke profesional.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar